Keluaran 6:22
Konteks6:22 (6-21) Anak-anak Uziel: Misael, Elsafan x dan Sitri.
Keluaran 24:1
KonteksUpacara pengikatan perjanjian antara TUHAN dengan bangsa Israel
24:1 Berfirmanlah Ia kepada Musa: "Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun, a Nadab dan Abihu b dan tujuh puluh orang dari para tua-tua c Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh.
Keluaran 28:1
KonteksMengenai pakaian imam
28:1 "Engkau harus menyuruh abangmu Harun f bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam g bagi-Ku 1 --Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, h Eleazar dan Itamar. i
Bilangan 3:2-4
Konteks3:2 Nama anak-anak Harun, ialah: yang sulung v Nadab, kemudian Abihu, Eleazar dan Itamar. w 3:3 Itulah nama anak-anak Harun, imam-imam x yang diurapi 2 , yang telah ditahbiskan untuk memegang jabatan imam. 3:4 Tetapi Nadab dan Abihu sudah mati di hadapan TUHAN y di padang gurun Sinai, z ketika mereka mempersembahkan api yang asing 3 ke hadapan TUHAN. Mereka tidak mempunyai anak. Jadi ketika Harun, a ayah mereka, masih hidup, yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar. b
Bilangan 26:61
Konteks26:61 Tetapi Nadab dan Abihu t mati, ketika mereka mempersembahkan persembahan api u yang asing ke hadapan TUHAN.
Bilangan 26:1
KonteksLaskar Israel dihitung untuk kedua kalinya
26:1 Sesudah tulah v itu berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan kepada Eleazar, anak imam Harun:
1 Tawarikh 6:3
Konteks6:3 Anak-anak Amram ialah Harun, Musa dan Miryam. j Anak-anak Harun ialah Nadab, Abihu, k Eleazar l dan Itamar. m
[28:1] 1 Full Life : HARUN ... MEMEGANG JABATAN IMAM BAGI-KU.
Nas : Kel 28:1
Tuhan memberikan pengarahan mengenai pelayanan Harun selaku imam besar, dan tugas-tugas keimaman pada umumnya (pasal Kel 28:1-29:46). Imam adalah seorang yang berdiri di hadapan Allah sebagai wakil umat.
- 1) Imam bertugas membakar kemenyan, mengawasi kaki dian dan meja roti Kehadiran Allah, mempersembahkan korban di atas mezbah, dan memberkati umat. Mereka juga menghakimi kasus-kasus perdata (mis. Bil 5:5-31) dan mengajarkan Taurat (bd. Neh 8:8-9).
- 2) Para imam bertindak selaku perantara di antara umat dengan Allah (bd. ayat Kel 28:12,29-30), menyampaikan kehendak dan perjanjian Allah kepada umat (Yer 33:20-26; Mal 2:4,7), dan menjadi perantara dosa-dosa umat di hadapan Allah. Dalam melaksanakan tugas-tugas itu, mereka mengadakan pendamaian bagi dosa umat dan dosa mereka sendiri (Kel 29:33; Ibr 9:6-8) dan menyatakan kekudusan Allah (ayat Kel 28:38; Bil 18:1).
- 3) Bagi orang percaya PB Yesus adalah imam umat Allah. Ia memulai perjanjian yang baru melalui kematian-Nya (Ibr 9:15-22) dan mempersembahkan diri-Nya sebagai korban sempurna (Ibr 9:23-28). Ia turut merasakan kelemahan kita (Ibr 4:15), tampil di hadapan Allah demi kita (Ibr 9:24), menyelesaikan keselamatan kita (Ibr 10:14), dan memungkinkan kita menghampiri Allah Bapa (Ibr 4:16; 6:19-20; 7:25; 19:19-22).
[3:3] 2 Full Life : IMAM-IMAM YANG DIURAPI.
Nas : Bil 3:3
Tujuan pengurapan para imam ialah untuk "menahbiskan" mereka kepada pelayanan Allah.
- 1) Demikian pula, dalam PB, bilamana orang percaya diurapi oleh Roh Kudus, mereka dipisahkan dan diberi kuasa untuk melayani dan bersaksi di dalam Kerajaan Allah (Kis 1:8; 2:4).
- 2) Nama Ibrani "_Mesias_" dan nama Yunani "_Kristus_," keduanya berarti
"Yang Diurapi"
(lihat cat. --> Mat 1:1).
[atau ref. Mat 1:1]
Segala sesuatu yang dilakukan Kristus, telah dilakukan-Nya di bawah urapan Roh Kudus,(lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
[3:4] 3 Full Life : MEMPERSEMBAHKAN API YANG ASING.
Nas : Bil 3:4
Lihat cat. --> Im 10:1,
lihat cat. --> Im 10:2.
[atau ref. Im 10:1-2]